Sabtu, 05 Desember 2009

Ketika Q keciL

Ketika Q sendirian, g bisa bobok, pencet-pencet remote liat TV yang acaranya ngebosenin n g jelas, tiba-tiba aja pikiranku mulai melayang-layang dan terseret arus hingga Q teringat masa lalu yang mulai terlupakan, ketika Q kecil.

Yah, pasti deh! orang yang selalu bengong kagak ada kerjaan, ujung-ujungnya melamun kagak jelas. Tapi aku merasa lamunanQ yang satu ini terasa berharga dan harus aku cepat-cepat Q tulis. jika g Q tulis, bisa-bisa lamunan itu terbawa hingga aku terlelap dan terlupakan. Sebelum Q terlelap, cepat-cepat Q nyalain komputer, n mulai OL di BlogQ. Ah ternyata g rugi punya blog! ^_^

Mengapa tiba-tiba Q menulis tentang masa-masa ketika Q kecil? karena Q merasa masa-masa itu sebentar lagi akan terlupakan.

Yah, Langsung saja...

Tanpa kita sadari, waktu berlalu semakin cepat. Tanpa kita sadari, ujug-ujug kita dewasa. Walau sebenarnya kita melaluinya bertahun-tahun, dari kita telahir hingga dewasa kini (buat yang ngerasa dah dewasa! ^,^).


Dalam fase menuju kedewasaan itulah kita melalui saat susah, sedih, dan warna-warna lainnya. Tapi, pasti dari kita ketika dewasa hanya mengenang masa lalu yang Sangat mengena, misalnya yang Sangat Sedih dan Sangat Bahagia buat kita.( dengan penekanan huruf Besar S dan B)

Dan Q yang mulai memikirkan masa ketika Q kecil merasa kasihkan pada masa lalu Q sendiri yang sebenarnya pada masa itu ada senang dan sedihnya, namun tidak ada kata SANGAT. Hanya sederhana. Dan yang sederhana itulah yang mulai terlupakan. Dan sangat mungkin ketika kita dewasa tak melaluinya lagi, dalam arti tak melakukannya.

Sebelum saat ini, ketika Q sendirian, dan mulai melayang-layang, alias melamun. Yang selalu aku ingat hanyalah masa-masa Bahagia dan Sedih yang Sangat saja. Selalu seperti itu. Dan Saat ini tiba-tiba alam bawah sadarQ yang biasa-biasa saja berontak n berkata, kenapa yang SANGAT saja yang kamu pikirkan??! apa kamu tidak kasihan padaQ yang juga ingin dikenang??! Ah KAMU benar-benar tak adil. Dan akupun tersadar dari lamunanku yang hanya pada SANGAT. Dan masa laluku yang biasa-biasa saja, mulai berhamburan dari otakku. Dan disinilah Q sekarang. Menulis alias mengetiknya.

Dan pastinya, lebih baik Q menulisnya dalam bentuk daftar saja, agar Q bisa lebih mengenangnya.


Mulai!!!

1. Ketika Q kecil Q suka sekali menangis keras-keras hingga buat telinga garing,( ^,^ ). Namun Q yang menangis karena marah merasa puas. Dan untuk masa sekarang aku tak mampu melakukannya lagi (gengsi donk!).yah, jika Q pengen banget nangis paling-paling cuma bisa sesenggukan.( V_V ) nasib kalo dah jadi dewasa. Masa-masa pertama ini sebenarnya sering banget Q ingat, cz tetanggaQ yang bawel selalu ngingetin, malunya minta ampun.....!! tapi kenapa Q menulisnya di daftar masa lalu yang sederhana? padahal ntu termasuk dalam kategori sangat. Karena Q merasa itu hal yang sederhana untuk dikenang jika Q bahagia.

2. Ketika Q kecil Q seneng banget ikut lomba 17 agustus-an, Seru dech rasanya. Tapi ketika Q dewasa, Q hanya bisa melihatnya. (banyangin kalo Q ikut lomba misalnya balap karung, bisa-bisa seluruh kampung ngetawain Q, mungkin).hahahahahah, Q yang ngebayangin aja ketawa ngakak. ^0^

3. Ketika Q kecil, Q seneng main jumpritan, gobaksodor, benteng-bentengan, setan-setanan, dan permainan seru lainnya,dan sekarang Q uda tak mampu lagi. Bukan karena udah peyot jadi gak bisa maen, tapi karena g ada yang mau diajak. Dan q sendiri gengsi, hahah. Kalo motok pengen maen, paling-paling sama tuyul-tuyul keponakanQ dirumah.

4. Ketika Q kecil, Q selalu tak pernah absen maen bongkar pasang, sama pasaran. Ntu permainan wajib. Kalo sekarang mah uda g bisa, bisa-bisa di omeng amah orang rumah "wez gedeh kok sek pasaran karo bongkar pasang bae! ra isin ta karo ponakanmu, belajar masak seng temenan lak luweh manfaat!" ^,^. Huh! naseb..naseb..

5. Ketika Q kecil, ibu sering banget jemur kasur gara-gara Q ompolin, dan tanpa rasa berdosa, setiap kasur itu mulai garing dari ompol tapi masih ditaruh di halaman rumah, Q malah ngajak teman-temanQ tidur-tiduran di kasur itu (enjak-enjak) tanpa rasa bersalah.hahaha. Kalo sekarang mah, Q malah disuruh angkat ntu kasur.

6. Ketika Q kecil, Q ma para genk tengil, suka sekali memonopoli anak yang paling kecil dikampungku. Alias di jadiin budak ketika bermain.hahah. Pernah sich, gara-gara ntu, Q dimarain ma ortunya! walaupun begitu, Q tetep gak jera-jera, juahat banget za! eh genk-genk tengil lainnya malah nurut bae... hahaha. kalo sekarang mah, setiap Q ketemu pada mantan budak-budakQ, Q sungkan banget! n berharap moga aja dia lupa pada masa-pada kekejamanku sama genk tengil dulu.

7. ketika Q kecil, Q seneng banget mancing sama pakdhe Q+ sepupuh dikali n dandan ala cowok,(gak cowok-cowok banget ce, cuma pake topi aja, biar gak gosong). kalo sekarang mah uda gak bisa soalnya pakdhe Q uda almarhun, n sepupuQ juga uda gedhe, gak bakal mau ngajak Q.

8. Ketika Q kecil, Q sama para genk tengil (para tetanggaQ yang sepantaran). Suka sekali 'nerasak barongan' mencari hal-hal yang aneh. kalo sekarang mah uda g berani, takut ini lah, takut ntulah.

9. Ketika Q kecil, Q seneng mandi di 'jublangan'(kolam buat mandi) yang ada dibelakang rumah tetanggaQ. Tapi ntu g bertahan lama, cz Q pernah hampil tenggelam, n Q jadi jerah n berfikir setan penghuni kolam ntu pasti benci sama Q yang seneng mandi di situ. Kalo sekarang mah, Q g bakal mikir kayak gitu, cuma mikir malu aja, n air di ntu kolam juga uda keruh di masa sekarang.

10. Ketika Q kecil, Q seneng banget ambil uang kakek yang ditaruh di kopiahnya tanpa rasa berdosa. Kalo sekarang mah Q gak bakal ngelakuin kayak gitu, coz uda tau dosa! hehehe. Tapi, juga karena kakekQ uda tiada. >_<

11. Ketika Q kecil, Q seneng banget melihara ayam n burung-burung yang diwarna, n dibeli di pinggir jalan, kalo sekarang mah gak mungkin n Q malah benci ma ayam yang hidup, cz ntu para ayam resek banget. buang 'tai' di sembarang tempat. N Q lebih suka ma ayam yang uda mateng.hehehehe

12. ketika Q kecil Q seneng banget liat film kartun. Kalo sekarang, karena bertambah dewasa Q merasa film ntu konyol. N malez buat nontonnya. Padahal sebenernya Q pengen banget liat film kartun-kartun lama yang sekarang uda g di tayangin lagi, kayak sailormoon, sakura, dkk.

13. Ketika Q kecil, emm ketika Q kecil..... apa lagi yah! Q kok lupa, apa mungkin karena uda ngantuk! za uda dilanjutin kapan-kapan aja ya kalo Q uda inget lagi. Ternyata ungkapan makin tua makin pikun bener adanya yah!?? tapi Q kan masih muda... hehehe. Belum nikah kan ce muda! ^,^.hahahaha.


Yah! ntu lah beberapa kisah yang mulai terlupakan ketika Q beranjak dewasa. Dan mungkin diantara kalian yang membacanya juga berfikir begitu. Dan Q berharap+berdo'a, moga Allah selalu menjaga pikiranku jangan sampai pikun. Q takut jika Q pikun, masa-masaQ yang SANGAT dan BIASA_BIASA saja jadi terlupakan! n Q hanya berada diduniaQ sendiri yang kosong, hampa. Naudzubillah.

Sebenarnya Q ingin menceritakah masa ketika Q kecil yang SANGAT Q kanang, dari yang SANGAT BAHAGIA, hingga yang SANGAT SEDIH tapi Q masih belum siap menceritakannya.

Tapi, Gara-gara menulis hal-hal yang biasa-biasa inilah, Q mulai menghargai hidupku yang ternyata berwarna. Dan hal-hal yang Sangat itu mulai Q pandang sederhana. Terutama buat hal-hal yang SANGAT SEDIH.

Semoga nantinya Q biasa menulis ulang kelanjutannya dengan lebih berwarna. Bismilah... n bye..bye... ^^V

***

0 Comments:

Post a Comment